Tuesday, February 6, 2018

MOTIVASI UNTUK BERINOVASI

Menanamkan sejak dini kebiasaan melakukan penelitian sangatlah penting, apalagi pada siswa SMA yang sebentar lagi akan melanjutkan ke perguruan tinggi.

Kelak, Disaat mereka melanjutkan pada jenjang berikutnya (PT), para siswa akan siap bersaing dengan mahasiswa yg lain dalam membuat karya-karya inovatif melalui penelitian kecil yg mereka buat.

Penelitian yg dibuat para siswa tentu sedikit berbeda dgn karya Ilmiah (penelitian) yg dibuat oleh mahasiswa di perguruan tinggi. Sederhana namun bernilai manfaat yg tinggi bagi kehidupan.

Sebagai siswa yg masih duduk di bangku sekolah, para siswa memiliki minat bakat yg berbeda. Terutama masalah penelitian ini.

Maka dibutuhkan pendekatan khusus agar para siswa termotivasi dalam berinovasi melalui penelitian.

Hal kecil yg dilakukan oleh SMA Surya Buana Malang adalah dengan memasukkan materi KIR dalam pelajaran Mapel dengan di ampu oleh guru yg berpengalaman dibidangnya.

Paling tidak satu guru inti dan dua guru pendamping yg setiap minggunya memantau, mendampingi dan membina siswa dalam melakukan peneletian, minimal setiap minggu siswa mendapat materi khusus KIR dan info-info even2 perlombaan baik tingkat nasional maupun tingkat International sebaga motivasi agar siswa selalu semangat pantang menyerah melakukan penelitian dan bersaing dgn siswa lain diluar negeri.

Khusus menghadapi even tingkat international SMA Surya Buana Malang melalui Yayasan bahan Cita Persada Malang banyak melakukan kerjasama dengan instansi-instansi diluar negeri dan dalam negeri yang konsisten mengembangkan minat bakat penelitian karya Inovatif siswa.

Salah satunya, INNOPA. INNOPA (Indonesian Invention and Innovation Promotion Association).

Para praktisi dari Innopa hadir secara langsung ke SMA Surya Buana Malang dengan memberikan motivasi khusus agar siswa selalu berkarya dan berkarya untuk negeri serta berinovasi tiada henti.

#SMASuryaBuanaMalang
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment