PPDB 2021/2022

Penerimaan Peserta Didik Baru SMA SURYA BUANA MALANG 2021/2022

Proses Pendaftaran Peserta Didik Baru : 1. Membayar uang formulir sebesar :     a. Umum : Rp 200.000,-     b. Pondok : Rp 100.000,-      Mel...

Rabu, 29 Januari 2020

Five Day School SMA Surya Buana : BIJAK MENYIKAPI KEBIJAKAN FULL DAY SCHOOL

Five Day School SMA Surya Buana :
BIJAK MENYIKAPI KEBIJAKAN FULL DAY SCHOOL
Ahmad Zain Fuad,S.Si,S.Pd.,M.Pd.
Pendidikan secara sederhana dapat diartikan sebagai usaha manusia untuk membinakepribadiannya sesuai dengan nilai-nilai di dalam masyarakat dan kebudayaannya.Dengan demikian, bagaimanapun sederhananya peradaban suatu masyarakat, di dalamnyaterjadi atau berlangsung suatu proses pendidikan. Karena itulah sering dinyatakan pendidikantelah ada sepanjang peradaban umat manusia. Pendidikan pada hakikatnya merupakan usahamanusia melestarikan hidupnya.
Pendidikan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan kita. Ini berarti bahwa setiap manusia berhak mendapat dan berharap untuk selalu berkembang dalam pendidikan.Pertama kali kita dikenalkan dengan pendidikan formal adalah di sekolah. Tahun-tahun sekolah merupakan tahun landasan pendidikan bagi setiap orang. Pendidikan memberikan kita pengetahuan tentang dunia, membuka jalan untuk karir yang baik dan membangun karakter.
Beberapa alasan mengapa pendidikan itu sangat penting.

1. Memberikan Pengetahuan
Sebuah efek langsung pendidikan adalah mendapat pengetahuan. Pendidikan memberikan kita pengetahuan tentang dunia sekitar, mengembangkan perspektif kita dalam memandang kehidupan dan membantu kita membentuk pendapat dan mengembangkan sudut pandang. Informasi yang terus menerus membombardir kita, tidak dapat dikonversi menjadi pengetahuan tanpa katalis yang disebut pendidikan. Pendidikan membuat kita mampu menafsirkan hal-hal yang benar dan menerapkan informasi yang dikumpulkan dalam skenario kehidupan nyata. Pendidikan tidak terbatas pada pelajaran dari buku teks,pendidikan yang sesungguhnya diperoleh dari pelajaran yang diajarkan kehidupan.

2. Untuk Karir/Pekerjaan
Pendidikan penting karena melengkapi kita dengan keahlian yang diperlukan dalam membantu kita mewujudkan tujuan karir kita. Keahlian adalah pengetahuan yang mendalam tentang bidang tertentu yang dapat membuka pintu ke peluang karir yang cemerlang. Pendidikan yang baik adalah kriteria kalayakan untuk mendapatkan pekerjaan. Dalam bidang apapun, pendidikan selalu terbukti bermanfaat. Kita ditimbang di pasar kerja atas pendidikan kita dan seberapa baik kita menerapkannya.

3. Membangun Karakter
Pendidikan penting karena mengajarkan kita perilaku yang benar dan sopan santun, sehingga membuat kita beradab. Pendidikan adalah dasar dari budaya dan peradaban. Hal ini penting dalam pengembangan nilai-nilai dan kebajikan kita. Pendidikan memupuk kita menjadi individu dewasa, individu yang mampu merencanakan masa depan, dan mengambil keputusan yang tepat dalam hidup. Pendidikan memberikan kita wawasan hidup dan mengajarkan kitauntuk belajar pada pengalaman.

SMA Surya Buana Malang sebagai salah satu lembaga di bawah Yayasan Bahana Cita Persada Malang sampai saat ini masih konsisten dalam membina dan mencetak generasi manusia menjadi generasi yang berpengatahuan serta memiliki sikap yang baik berakhlaqul karimah  menuju  manusia seutuhnya. hal ini sudah diwujudkan dalam berbagai program dalam rangka merealisasikan ketiga hal diatas, memberikan pengetahuan, pembinaan karir dan membangun karakter.

Seiring dengan perkembangan kebijakan yang disosialisasikan oleh Kementrian Pendidikan Nasional tentang Full Day School maka kami selaku pelaksana harian proses pembelajaran bersama bapak/ibu guru akan menyesuaikan kebijakan tersebut. apalagi sekolah-sekolah di Kota Malang sebagian besar sudah menerapkan kebijakan tersebut sejak semester genap tahun pelajaran 2016/2017. ada kemungkinan kebijakan tersebut akan dilaksanakan secara serentak Sekolah Menengah Atas (SMA) se-kota Malang.
Kegiatan Kepramukaan SMA Surya Buana Malang

Konsekuensi dari perubahan tersebut bagi SMA Surya Buana tidaklah membawa pengaruh yang signifikan karena di SMA Surya Buana Malang sudah menerapkan program Full Day School sebagaimana yang diterapkan yakni sampai pada jam 16.00. justru yang menjadi perhatian dan pemikiran yang mendalam adalah penerapan 5 (lima) hari proses Kegiatan Belajar Mengajar atau kami mengistilahkan program Five Day School  dengan tetap mempertahankan ciri khas SMA Surya Buana Malang dalam menanamkan karakter Akhlaqul Karimah (budi pekerti) dan religious dalam kehidupan sehari-hari siswa.

Adapun langkah bijak menyikapi kebijakan Full Day School ini SMA Surya Buana Malang menerapkan langkah dengan tidak megurangi pelayanan pembinaan siswa kepada Wali Siswa, diantaranya :
1. Kegiatan Mengaji bersama, Dzikr Asmaul Husna dan Sholat Dhuha;
2. Motivasi Akhlaq Pagi (MAP) dilaksanakan setelah Sholat Dhuha.
3. Membaca doa bersama dan pembinaan Khusus BTQ dan Tahfidz pagi.
4. Penanman Budaya Membaca melalui program literasi dengan tema keagamaan, kepahlawanan, dan ilmu pengetahuan
5. Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar sesuai Kurikulum 2013;
6. Kegiatan sholat Dhuhur dan Ashar  berjamaah bersama bapak/ibu guru dan kayawan.
7. Pembinaan Tahfidz siswa sesuai dengan jenjang dan berkelanjutan, senin dan selasa.
8. Pembinaan Ilmu Al-Qur’an (Tajwid), Rabu dan Kamis;
9. Kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan pilihan yang diikuti selama 2 jam pembelajaran pada hari jum’at;
10. Kegiatan khusus Literasi oleh Waka Kurikulum dan Tim Distatib KBM
11. We Are a Bussinesman (Edu Agronomi),
12. Pesantren Sabtu-Ahad (PETUAH) ;
13. Pembiasaan Muhasabah Jum’at oleh TIM BTQ.
14. Bersalaman dengan guru sebelum pulang sekolah
15. Pembiasaan Tahfidh pagi siang (One Day One Surah) dan Sore secara bertahap
16. Hari Sabtu peserta didik diagendakan untuk pembelajaran di rumah bersama orang tua guna menambah intensitas waktu yang lebih berkualitas bagi keluarga mereka, sehingga tercipta komunikasi dan hubungan emosional yang lebih harmonis.
17. Setiap sabtu akhir bulan kegiatan Study Visual, kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan penuh makna dengan mengkolaborasi berbagai mata pelajaran.

Sedikit kegiatan diatas merupakan bagian kecil yang akan diterapkan oleh bapak/Ibu SMA Surya Buana Malang menyikapi kebijakan Full Day School. tentu semua dikonsep dan direncakan lebih detail lagi dalam rangka mewujudkan generasi Muslim siswa SMA Surya Buana Malang yang Unggul, Inovatif, kreatif dan Berakhlaqul Karimah.

*Kepala SMA Surya Buana Malang dan Kepala Pondok Pesantren Modern (PPM) Surya Buana Malang
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar