Monday, June 22, 2020

Videogramable: Workshop Inovatif di SMAI Surya Buana Malang dalam menghadapi Tahun Ajaran Baru 2020/2021


Menyiapkan tahun baru di tahun ini lebih spesial, karena di tahun ajaran baru nantinya para siswa dan guru tidak bertatap muka secara langsung sebagaimana didalam kelas, tapi dengan Moda Daring. dimana siswa tetap mendapatkan pembelajaran dan guru tetap mengajar sebagaimana biasa dengan media online dalam jaringan.
.
Setelah Kemendikbud menetapkan peta wilayah dengan membagi beberapa zona sebagaimana yg tetapkan oleh Kemenkes, Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19 yakni Zona Hijau (Tidak Terdampak), Zona Kuning (Risiko Rendah), Zona Orange (Risiko Sedang), dan Zona Merah (Risiko Tinggi). dimana seluruh daerah selain zona hijau siswa/siswi dilarang masuk sekolah, kalaupun zona hijau siswa siswi masuk harus dengan protokoler kesehatan yang ketat dan atas izin masyarakat, terutama Orang tua siswa.
.
Dengan kondisi Kota Malang saat ini yang masih zona orange tidak mungkin sekolah membuka kegiatan belajar-mengajar (KBM) secara offline (tatap muka), maka cara yg bijak adalah membuat cara terbaik agar KBM tetap berjalan dengan baik dan berkualitas walau tanpa-tatap muka secara langsung.
.
Cara ini akan senantiasa di upayakan dengan mengadakan workshop-workshop media pembalajaran berbasis Online, videogramable. cara ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh SMAI Surya Buana Malang. pada kegiatan pertama ini, dipandu langsung tim guru yg memiliki kemampuan di bidang IT memandu bapak/ibu guru dan karyawan dalam membuat produk media pembelajaran yg menarik.
.
Workshop hari pertama ini di koordinatori oleh Pak Eko selaku Waka Kesiswaan dan Sarana Prasarana sekaligus membimbing dalam membuat Video pembelajaran dengan menggunakan aplikasi filmora. aplikasi ini sangat mudah dan sederhana, sehingga bapak/ibu guru dan karyawan sangat menikmati proses workshop ini dan berbahagia karena mampu membuat video yang menarik dan "layak" masuk dapur Youtube Channel, dan siap menjadi guru Youtuber yg "memuaskan" siswa-siswinya dan menjadi  terkenal karena kreativitas dan inovasinya dalam mengajar, Insyaallah. (azf)
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment