Langsung ke konten utama

WFO Workout From Office


   
  Pandemi covid-19 telah merayakan ulang tahunnya yang pertama, sejak maret 2020 virus-19 dinyatakan masuk Indonesia, sampai saat ini pandemi covid-19 belum dinyatakan berakhir. Pemerintah memberikan anjuran demi anjuran untuk mencegah dan memutus penyebaran virus covid-19, mulai dari memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, yang sering digaungkan dengan istilah “terapkan 3M”. Menerapkan 3M memang tidak sepenuhnya memberikan hasil yang baik juga bukan tindakan yang gagal untuk mencegah dan memutus penyebaran virus covid-19, maka selain penerapan 3M benteng kedua untuk mencegah dan memutuskan penyebaran virus, cara lain adalaha dengan berikhtiar melakukan olahraga secara rutin. 

     Selama pandemi ini, tidak semua orang harus Work From Home (WFH), bagi sebagian orang selama pandemi covid-19 harus tetap masuk kerja dan berangkat ke kantor atau Work From Office (WFO). Kondisi yang semula di awal pandemi dengan rebahan dirumah dapat membantu banyak orang, namun sekarang diharuskan untuk tetap bernagkat ke kantor dengan embel-embel penerapan protokol kesehatan secara ketat, fakta dilapangan penerapan protokol kesehatan tidak mencapai 50% diterapkan dengan baik dan benar. Virus covid-19 ini menyerang sistem imun tubuh sesorang, jika imun sesorang tidak dalam keadaan yang baik atau sehat bugar maka virus bisa menyerang kapan saja. Maka dari itulah kenapa olahraga merupakan benteng kedua setalah penerapan 3M. Olahraga rutin setiap hari minimal hanya 30 menit mampu memberikan efek kondisi tubuh yang baik dan bugar untuk bersiap menerima serangan bakteri bahkan virus sekalipun.


    Para guru SMA Islam Surya Buana Malang yang sejak Juli 2020 harus masuk kantor atau datang ke sekolah walalupun peserta didik masih belum datang ke sekolah, maka para guru diharuskan memilki imun yang kuat serta kondisi tubuh yang sehat, jika tidak dalam kondisi yang sehat akan sangat berbahaya bagi diri sendiri serta kolega kerja dikantor. Demi mendukung program memutus penyebaran covid-19 walaupun harus tetap masuk kerja, maka para guru SMA Islam Surya Buana Malang melaksanakan program JUMAT SEHAT.  Program ini sebenarnya lanjutan dari prgram Jumat Bersih yang telah dilakukan terlebih dahulu sebelum adanya pandemi ini, ketika para peserta didik masuk ke sekolah, ketika belum ada murid masuk ke sekolah, para guru SMA Islam Surya Buana Malang melaksanakan jumat sehat dengan berolahraga secara bersama-sama selama 60 menit, istilah WFO yang semula diartikan dengan work from office, akan tetapi istilah WFO diganti oleh guru-guru SMA Islam Surya Buana Malang dengan sebutan workout from office.

    Olahraga tidak hanya memberikan efek baik terhaap tubuh, namun memberikan kesehatan mental untuk sesorang, dengan olahraga kesehatan mental akan tetap terjaga dengan baik, dengan kondisi yang harus tetap bekerja, mengajar tanpa bertatap muka secara langsung dengan peserta didik, harus terus aktif dan kreatif demi memberikan kegiatan pembelajaran yang mengasyikkan kepada peserta didik akan memberikan efek stress kepada kondisi para guru SMA Islam Surya Buana Malang. Stress yang terjadi ini harus diobati dengan berolahraga, bukan hanya raga saja yang diolah namun juga rohani para guru ini yang diolah demi menunjang ke produktifan dalam bekerja, tidak hanya raga yang bugar namun mental yang sehat dapat memberikan imun yang kuat. Mari berolahraga bukan untuk sekedar gaya-gayaan namun untuk kesahatan pribadi dan memberikan manfaat untuk banyak orang.

By : “Eboy” Rizal Achmad Fatoni
 

Komentar