PPDB 2021/2022

Penerimaan Peserta Didik Baru SMA SURYA BUANA MALANG 2021/2022

Proses Pendaftaran Peserta Didik Baru : 1. Membayar uang formulir sebesar :     a. Umum : Rp 200.000,-     b. Pondok : Rp 100.000,-      Mel...

Kamis, 16 Juli 2020

Potret KBM Online di SMA Islam Surya Buana (1)




Tidak hanya masalah kesehatan, ekonomi dan sosial yang mengalami perubahan, tapi dalam dunia pendidikan sangat terasa terjadinya perubahan akibat Covid-19.

Pembelajaran yg awalnya dilaksanakan bertatap muka secara langsung, kini beralih bertatap muka secara online. apakah sudah cukup dengan pembelajaran online?, penyesuaian sistem inipun membutuhkan waktu agar guru dan siswa bisa saling menikmati dan menerima. tentunya, banyak muncul masalah-masalah barupula dalam proses pembelajaran online ini.

menurut sebuah riset yang dilaksanakan oleh INOVASI (Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia) tentang "belajar dirumah" bahwa pembelajaran di rumah (daring) dari 300 orang hanya 28% responden yang mengatakan bahwa anak mereka (aktif) mengikuti belajar dengan media daring.

SMA Islam Surya Buana Malang, di awal pelaksanakan kebijakan Pemerintah terkait KBM daring sempat mengalami banyak kendala, terutama utk bapak/ibu guru sendiri, bukan karena "gaptek" teknologi, lebih banyak pada teknis, sinyal, kuota, dan sistem tatap muka yg kadang membuat peserta didik jenuh begitupula bapak/ibu guru.

Alhamdulillah, mengawali tahun ajaran baru 2020/2021 SMA Islam Surya Buana Malang membuat kebijakan One Teach One PC (OTOP), artinya satu guru memegang satu komputer untuk setiap pembelajaranya. harapanya selama ini bapak/ibu yg terkendala dengan media (HP) yg tidak support bisa menggunakan komputer dan menyesuaikan aplikasi yg dipakai dalam proses pembelajaran.

selain program OTOP, penambahan kekuatan sinyal wifi yg awal hanya 10 mbps kini menjadi 50Mbps, alhamdulillah sementara dirasa masih cukup utk proses pembelajaran. 

Pengalihan aplikasi dari Google Classroom, Google Form, Whattsup dan IG kini ke Moodle membuat proses KBM semakin ringan dan mudah dalam pemantauan.

Perbaikan internal diawali dari guru dan manajemen pelaksanaan KBM ini sebagai upaya sekolah agar proses pembelajaran berjalan lancar dan berkualitas, siswa mengikuti pembelajaran dengan aktif penuh hikmat,wali murid merasa tenang saat putra-putrinya belajar dirumah. 

walhasil, perubahan demi perubahan akan  senantiasa diperbaiki dan di evaluasi demi pelayanan yang terbaik kepada warga SMA Islam Surya Buana Malang. (azf)  
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar