Langsung ke konten utama

Ujian Tahafidz Terbuka SMA Islam Surya Buana Malang

   

 

    Senin, 29 Maret 2021, SMA Islam Surya Buana Malang menggelar ujian tahfidz sebagai salah satu syarat kelulusan menempuh pendidikan di SMA Islam Surya Buana Malang. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut program intensif tahfidz yang dirancang oleh SMA Islam Surya Buana Malang. Ujian ini dilaksanakan dengan mekanisme ujian terbuka dengan satu penguji dan ditayangkan langsung melalui  Live IG dan kanal Youtube SMA Surya Buana Malang. Siswa yang dinyatakan lulus ujian ini, akan mendapat syahada sebagai bukti kelulusan tahfidz. Ujian Tahfidz terbuka ini diikuti oleh siswa kelas XII yang terhimpun dalam kelas tahfidz “Mutaqoddim”. Terdapat delapan (8) siswa yang diuji secara langsung dalam kegiatan ini, yakni Annisa Kurnia W., Farraz Raihan A., Hazma Auliya A., Michelle Luna, Rayhan Syarif E., Rufayda Al Fatiya., Syamil Ahmad I., dan Zahid Akbar R dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Delapan siswa ini adalah siswa yang telah mumtaz jus 30 dan melanjutkan hafalannya pada jus yang lain. Dalam kegiatan ini, Rayhan Syarif melakukan ujian dengan mekanisme tasmi’ atau melantunkan seluruh hafalnya mulai dari jus 30, 1, 2, 3, 4, dan 5 dalam satu duduk. Hal ini dilakukan sebagai salah satu syarat masuk Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang melalui jalur tahfidz. 


    Pendampingan instensif tahfidz yang dirancang oleh SMA Islam Surya Buana Malang, mengategorikan siswa menjadi tiga (3) kelompok kelas sesuai dengan tingkat hafalan siswa, yakni Kelas Mubtadi', Kelas Mutawasith, dan Kelas Mutaqoddim. Pendampingan terhadap Kelas Mubtadi’ menargetkan siswa mampu menghafal jus 30 mulai dari surat An-Nas sampai Al-Lail. Pendampingan terhadap Kelas Mutawasith menargetkan siswa mampu mengahal jus 30 mulai  As-Syam hingga Annaba’. Selanjutnya, Kelas Muttaqodim diperuntukkan bagi siswa yang telah menyelesaikan hafalan jus 30 dan melanjutkan hafalannya pada jus yang lain. Melihat semangat dan antusiasme siswa dalam mengikuti program intensif tahfidz ini, pada tahun ajaran 2021-2022 membuka kelas lanjut, yakni Kelas Tahassus untuk lebih mengintensifkan pendampingan hafalan siswa.   

    Pada Pekan ini, SMA Islam Surya Buana Malang juga melaksanakan ujian tahfidz untuk seluruh siswa yang terhimpunan dalam kelas Tahfid Mubtadi’ dan Mutawasith. Namun pelaksanaan ujian untuk dua kelas ini dilakukan secara tertutup. Ujian didampingi langsung oleh pendamping tahfidz pada masing-masing kelas tahfidz. Ujian ini dilakukan sebagai syarat kenaikan kelas tahfidz. Siswa kelas X dan XI yang terhimpun dalam Kelas Mutaqodim dijdwalkan ujian tahfidz terbuka  pada Selasa dan Rabu, 6-7 April 2021. Ujian ini dilakukan sebagai syarat kenaikan kelas menuju kelas Tahassus.  (akp).


Komentar