Langsung ke konten utama

PEMBELAJARAN TATAP MUKA LANGSUNG DAN KEGIATAN RAMADHAN SMAISURBA

 

Kamis, 15 April 2022 SMA Islam Surya Buana Malang kembali melakukan pembelajaran tatap muka langsung setalah lebih dari satu tahun melakukan pembelajaran daring. Berbagai persiapan telah dilakukan SMAISURBA untuk kembali menyambut siswa datang ke sekolah. Protokol kesehatan juga senantiasa diupayakan untuk dipatuhi oleh seluruh warga sekolah. Beberapa kebijakan juga telah diambil untuk memaksimalkan pelaksanaan protokol kesehatan di sekolah, salah satunya dengan menerapkan sistem sif. Sistem sif ini membagi siswa menjadi dua, yakni sif putra dan sif putri. Upaya ini dilakukan untuk meminimalisasi peluang siswa berkerumun dan memaksimalkan pembatasan jarak antar siswa. Saat sif putra melalakukan pembelajaran dengan sistem luring di sekolah, sif siswa putri akan mengikuti pembelajaran melalui sistem daring di laman elearning http://daring.smaislamsuryabuana.sch.id. Mekanisme ini akan diujicobakan selama bulan Ramadhan.


Di bulan Ramandan ini, berbagai kebijakan, program, dan aktivitas siswa telah berusaha disesuaikan dengan upaya pemaksimalan pendampingan ibadah siswa. Koordinator Keagamaan SMAISURBA, M. Barqus Salam, M.Pdi menuturkan, selama bulan Ramadhan, sekolah menambah beberapa aktivitas rutin yang harus dilakukan baik oleh guru dan siswa guna memaksimalkan ibadah di bulan ramadhan ini. Kegiatan ibadah harian siswa dimulai dengan tadarus dan tafsir Al-Qur.’an dengan target khatam. Kegiatan tahfidz untuk sementara diganti dengan kegiatan tahsin. Melalui kegiatan ini masing-masing guru pendamping akan secara fokus mengobservasi dan melakukan perbaikan terhadap kualitas bacaan Al-Qur.’an siswa. Ibada solat duha, dan solat fardu juga senantiasa dilaksanakan.

Selain melakukan pemaksimal pendampingan ibadah siswa di sekolah, SMAISURBA juga telah menyiapkan program pendampingan ibadah siswa di rumah. Hal ini direalisasikan melalui penerbitan Buku Panduan dan Monitoring Ibadah Ramadhan 1442 H. Kegiatan monitoring ibadah ini mencakup tadarus individu, salat wajib dan sunah, serta menghadiri majelis ilmu baik online maupun offline. Buku panduan yang telah disusun oleh tim keagamaan SMISURBA ini berisi fiqih puasa, tabel monitoring ibadah harian, tadarus, dan catatan majelis ilmu.

(akp.)


Komentar

  1. Aktifitas pembelajaran yg menyenangkan sekali di bulan Ramadan.....semangat......

    BalasHapus

Posting Komentar