Langsung ke konten utama

BADAN MULAI L(E)BARAN SETELAH LEBARAN

 


Bulan Ramadan telah usai, sebulan penuh perut atau organ pencernaan di dalam tubuh telah dibersihkan serta dilatih untuk menahan lapar dan haus selama sebulan penuh. Bagi sebagian orang, kepergian bulan ramadan menjadi sebuah hal menyedihkan, ada pula yang beranggapan kepergian bulan ramadan menjadi sebuah momen untuk balas dendam untuk makan memakan yang selama bulan ramadan tidak bisa dimakan. Pasca ramadan umat muslim menyambut hari kemenangan yaitu hari raya Idul Fitri atau lebaran. Momen lebaran ini selalu identik dengan makanan yang khas, yaitu opor ayam, ketupat atau lontong, sambal goreng atau makanan yang serba berkuah santan, di tambah lagi dengan aktivitas bersilaturohmi ke rumah saudara atau tetangga yang mengharuskan untuk memakan kue-kue yang sudah disajikan oleh tuan rumah.

Hari raya biasanya menjadi ajang pelampiasan bagi sebagian orang,  kondisi seperti ini tidak mungkin untuk bisa ditolak dan dihindari, yang harus dilakukan untuk tidak menjadi salah kaprah setelah berpuasa selama sebulan penuh adalah menjaga pola makan, pola aktivitas dan pola istirahat yang baik supaya badan tetap sehat, bugar, dan yang jelas badan tidak menjadi “lebaran” setelah “lebaran”.

Menjaga berat badan ideal ini adalah keharusan dan wajib dilakukan untuk semua orang bukan hanya bagi yang kurus atau pun gemuk.  Jika mengkonsumsi makanan khas lebaran maka harus diimbangi dengan aktivitas yang tepat untuk menjaga berat badan ideal. Beberapa tips untuk beraktivitas olahraga untuk menjaga berat badan:

1.    Berjalan ringan selama 15-30 menit

2.    Berlari selama 12 menit

3.    Bersepeda

4.    Gym


Semua aktivitas olahraga tersebut bisa disesuaikan dengan aktivitas sehari-hari dari masing-masing orang. Bagi yang memang tidak suka berolahraga bisa dicoba dengan melakukan beberapa hal ini, (1) konsumsi air putih yang cukup dianjurkan minimal 8 gelas dalam sehari; (2) Mengendalikan porsi makan, karena kondisi lambung masih beradaptasi dengan makanan yang masuk delam tubuh; dan (3) Istirahat atau pola tidur yang cukup.  Kondisi tubuh yang kurang beristirahat akan menyebabkan kelelahan sehingga badan akan mudah sakit. Kurang tidur juga dapat mempengaruhi berat badan sesorang. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat, tetap jaga kesehatan selalu, dan jangan lupa untuk bahagia agar imunitas  tubuh tetap terjaga dengan baik. raf.

Komentar

Posting Komentar