Langsung ke konten utama

MPLS SMA ISLAM SURYA BUANA MALANG

 



Awal masuk sekolah tahun pelajaran 2021/2022 telah dimulai, masing-masing sekolah diwajibkan melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) sebagai pengganti Masa Orientasi Sekolah (MOS).

Ketentuan MPLS untuk tahun ajaran ini masih mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 18 Tahun 2016. Sesuai peraturan tersebut, jadwal MPLS telah ditetapkan paling lama 3 hari pada awal minggu pertama tahun ajaran baru

Pelaksanaan MPLS SMA Islam Surya Buana Malang dilaksanakan pada senin-Rabu, 12-14 Juli 2021 dengan sistem Daring, mengingat kondisi saat ini masih dalam masa PPKM  Darurat. Walau kondisi masih belum menentu, alhamdulillah MPLS berlangsung dengan lancar sesuai rencana.

 

 

Hari pertama MPLS diawali dengan pembukaan oleh kepala sekolah SMA Islam Surya Buana Malang oleh Bapak Ahmad Zain Fuad,S.Si.,S.Pd.,M.Pd., dilanjutkan Sosialisasi Kesiswaan oleh Waka Kesiswaan, Bapak Eko Budi Prasetyo Nugroho,S.Pd. Dan Sosialisasi Kurikulum oleh Pak Fadhlur Rahman,S.Pd.

Tujuan Utama kegiatan MPLS SMA Islam Surya Buana Malang diantaranya :

1.  Mengenali potensi diri siswa baru;

2. Membantu siswa beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya;

3. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru;

4. Mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya;

5. Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong; dan

6. Membangun Pendidikan karakter melalui proses MPLS dengan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan karakter terutama meiliputi nilai-nilai religius, jujur, toleran, disiplin, bekerja keras, kreatif mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan bertanggungiawab.

7.  Memahami dan melaksanakan protokol Kesehatan COVID-19 dilingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.

Dengan berbagai tujuan tersebut diharapkan siswa-siswi mampu mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh sehingga apa yang menjadi tujuan kegiatan ini banar-benar terwujud,Amiin. (ZF)


Komentar