Langsung ke konten utama

Supervisi Akademik SMA Surya Buana Malang

 


Mewujudkan pendidikan yang berkualitas merupakan tujuan utama dalam memberikan yang terbaik untuk peserta didik, namun demikian seringkali apa yang menjadi keinginan guru atau sekolah terhadap proses pembelajaran tidak sesuai sebagaimana prakteknya dilapangan. Oleh sebab itu dibutuhkan langkah yang tepat agar kendala yang dihadapi guru dalam menyampaikan pembelajaran mampu diketahui permasalahan dan memberikan solusinya. para perserta didik mampu mencerna ilmu yang disampaikan guru dan kepala sekolah mampu memberikan solusi dan pembinaan melalui kegiatan supervisi akademik.

Supervisi akademik adalah serangkaian kegiatan membantu guru mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran (Daresh, 1989, Glickman, et al. 2007). Supervisi akademik tidak terlepas dari penilaian kinerja guru dalam mengelola pembelajaran. Sergiovanni (1987) menegaskan bahwa refleksi praktis penilaian kinerja guru dalam supervisi akademik adalah melihat kondisi nyata kinerja guru untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan, misalnya apa yang sebenarnya terjadi di dalam kelas?, apa yang sebenarnya dilakukan oleh guru dan peserta didik di dalam kelas?, aktivitas-aktivitas mana dari keseluruhan aktivitas di dalam kelas itu yang bermakna bagi guru dan peserta didik?

SMA Surya Buana Malang sesuai dengan program kurikulum telah melaksanakan kegiatan Supervisi Akademik Semester Ganjil Tahun Pelajaran tahun 2021/2022 pada guru mata pelajaran dilaksankaan mulai 30 Agustus 2021 sampai 3 September 2021. dengan supervisi ini, diharapkan ada peningkatan kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran, antara guru dan kepala sekolah ada komunikasi yang inten dalam rangkan peningkatan mutu pendidikan di SMA Surya Buana Malang. Apalagi disaat masa pandemi yang mengharuskan pembelajaran dilsakanakan secara daring, maka perlu adanya inovasi-inovasi pembelajaran agar siswa mampu mengikuti dengan penuh semangat.

Disetiap akhir supervisi, kepala skolah bersama bapak dan ibu yang sudah disupervisi melaksanakan evaluasi terkait proses Kegiatan Belajar Mengajar dan memberikan solusi-solusi terkait kendala yang dihadapi sekaligus perbaikan-perbaikan dari temuan-temuan yang dirasa masih kurang dan menjadi pengetahuan dan pengalaman baru bagi bapak dan ibu lain yang selama ini belum pernah memperakatekan model pembelajaran yang diterapkan guru lain.

Komentar