Langsung ke konten utama

RILIS NOVEL PERDANA SISWA


Dengan penuh rasa bangga, siswa SMA Surya Buana Malang berhasil merilis novel perdana mereka. Novel yang bertajuk “Gentas” ini adalah karya original yang ditulis oleh seluruh siswa kelas XII. Novel ini mengambil genre mystery dan adventure. Proses kreatif penyusunan novel ini terbilang tidak mudah, karena 26 siswa kelas XII harus berkolaborasi bersama untuk menulis satu alur cerita yang utuh dan berkesinambungan. Namun dengan disiplin dan kerja sama, serta komunikasi  tim yang baik, novel ini mampu diselesaikan dalam waktu satu bulan.


Novel yang terdiri dari 26 chapter ini berkisah tentang perjalanan pendakian satu kelompok remaja. Novel ini mampu mengekspos berbagai macam perasaan dan suasana, serta konflik. Pembaca diajak untuk memecahkan kasus yang muncul dalam proses pendakian kelompok tersebut. Projek kreatif ini dikomandani oleh Arif Sigit. Proses produksi yang panjang ini mampu didesign dengan sangat rapi oleh seluruh siswa kelas XII. Produksi alur cerita dalam novel ini dilakukan oleh tim cerita yang dikoordinatori oleh Rayhan Syarif. Alur cerita yang telah tersusun, kemudian didistribusikan ke tim penulis untuk dibagi kepada setiap siswa yang dikoordinatori oleh Gina Rahima. Untuk menjaga benang merah dari setiap chapter, tim ini juga memiliki tanggungjawab untuk melakukan editing naskah. Novel ini juga dilengkapi dengan ilustrasi pada setiap chapternya. Ilustrasi tersebut juga diproduksi mandiri oleh siswa. Tidak hanya itu, pemilihan design cover dan penata letak atau perwajahan buku juga dilakukan mandiri oleh siswa. Hal-hal yang berhubungan dengan layouting tersebut di handle oleh tim designer yang dikoordinatori oleh Ahmad Nasrullah.


         Melalui pengalaman belajar ini, diharapkan siswa kelas XII mampu termotivasi dan lebih percaya diri untuk berkarya. Keberhasilan siswa kelas XII dalam menyelesaikan proyek ini juga mampu membuktikan antusiasme, minat, semangat, serta gairah belajar yang mereka miliki. Proses phublishing dan pemasaran buku ini menjadi projek lanjutan untuk siswa kelas XII. Selain itu, siswa kelas XII juga sudah menyiapkan gebrakan baru lagi melalui projek baru yang telah mereka rencakanan. Apa kejutan yang akan mereka berikan untuk SMA Surya Buana Malang, tunggu tanggal mainnya. akp. 

Komentar