Langsung ke konten utama

SMA Surya Buana Malang : Apel Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2021

 


Apel peringatan Hari Sumpah Pemuda SMA Surya Buana Malang dilaksanakan pada Hari Kamis Pahing tanggal 28 Oktober 2021. Sumpah Pemuda adalah suatu ikrar pemuda-pemudi Indonesia yang mengaku bertumpah darah satu, tanah Indonesia, mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. 

Pembina Apel Bapak Drs. Sukri menyampaikan bahwa Kongres Sumpah pemuda yang dilaksanakan pada 27-28 Oktober 1928 (kongres Pemuda II) sebenarnya sudah pernah dilaksanakan Kongres Pemuda I mulai tanggal 30 April hingga 2 Mei 1926 di Batavia (Jakarta). Namun, Kongres Pemuda I diakhiri tanpa hasil yang memuaskan. 



Kongres Pemuda ini merupakan ide yang luar biasa dari para pemuda yang sudah mulai cerdas dan berpendidikan dalam menghadapi penjajah belanda kurang lebih 350 tahun dilanjutkan oleh penjajahan Jepang kurun waktu 3,5 tahun yang akhirnya beberapa tahun kemudian Indonesia benar-benar merdeka walau saat itu belanda dan sekutunya belum ikhlas melepas Indonesia, sehingga peperangan masih berlangsung demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Oleh sebab itu, pelaksanaan apel peringatan Sumpah Pemuda saat ini bukan semata-semata merayakan tanpa makna, tapi mari kita mengambil pelajaran dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam peristiwa Sumpah Pemuda dengan cara melawan kecendrungan hawa nafsu kita. misalnya malas melaksanakan ibadah menjadi semangat dan sadar melaksanakan ibadah. Dengan cara ini insyaallah akan mempengaruhi pada aktivitas lain, belajar akan lebih giat dan semangat.


Komentar

  1. terimakasih atas informasinya, apakah ada lowongan kerja lampung yang masih tersedia, atau ada info tentang loker cpns dan loker bumn saat ini, karena saya ingin keluar kerja dari jasa intro video yang pekerjaanya adalah jasa editing video

    BalasHapus
  2. Dengan semangat sumpah pemuda mari kita berkarya teŕbaik untuk bangsa dan agama 😊

    BalasHapus

Posting Komentar