Langsung ke konten utama

Tips Meraih Ilmu yang Berkah dan Manfaat

 

Kajian Kitab Ta'limul Muta'allim

Dikisahkan, ada dua santri yang menuntut ilmu disuatu daerah yang sama, begitupula pondok, guru dan ilmu yang dipelajari, Semua sama. Namun para ahli ilmu fiqh di desa dimana kedua santri tersebut tinggal merasa heran akan hasil ilmu yang mereka peroleh. Salah satu santri alim dan dimasyarakat terasa keberkahan dan kemanfaatan ilmunya dan santri yang lain biasa-biasa saja, keberkahan dan kemanfaat ilmunya tidak dirasakan bagi lingkungan sekitar (masyarakat).

 Akhirnya para ahli ilmu fiqh di desa tersebut melakukan penelitian kecil dengan menanyakan kepada kedua santri tersebut terkait kebiasaan yang mereka lakukan selama menuntut ilmu. Dari penelusuran para ahli ilmu menemukan hal kebiasaan yang dilakukan oleh salah santri dan tidak lakukan oleh yang lain, yakni saat belajar (mengulang pelajaran) ia menghadap kiblat dan menghadap ke tempat dimana ia mencari ilmu (mesir).

 Dengan demikian ahli ilmu fiqh dan para ulama sepakat bahwa orang yang menjadi alim tadi adalah atas berkahnya menghadap qiblat sebab itu dihukumi sunah, kecuali bila terpaksa. Dan berkah orang-orang muslimin disana, sebab kota tersebut tidak pernah kesepian dari orang-orang ibadah dan berbuat kebajikan. Yang jelas, untuk setiap malam pasti ada walaupun satu orang ahli ibadah yang mendo’akan kepadanya.

 Para penuntut ilmu (Pelajar) hendaknya tidak mengabaikan masalah adab (akhlak), sopan santun, dan amal-amal yang disunnahkan. Sebab siapa yang mengabaikan adab, ia akan tertutup dari melakukan amalan sunnah, orang yang mengabaikan amalan sunnah akan tertutup dari melakukan amalan fardlu, dan orang yang tertutup melakukan amalan fardlu berarti ia akan tertutup dari mendapatkan kebahagiaan diakhirat kelak. Sebagian ulama’ berkata: “Seperti hadist dari Rasulullah saw.”

Hendaknya pula banyak-banyak melakukan sholat (sunnah) dan melaksanakan shalat dengan khusyu’ sebab dengan begitu akan lebih memudahkan mencapai kesuksesan dalam menuntut ilmu (belajar) dan akan mendapatkan keberkahan ilmunya

Komentar