Langsung ke konten utama

MAP : Simetris*

Bangun Datar Simetris


Dalam kegiatan pembelajaran matematika tentu kalian pernah mempelajari apa itu simetris, simetris merupakan jenis komposisi dalam menggambar. Komposisi simetris adalah peletakan objek gambar yang seimbang pada media gambar.

Misal jika kita melipat sebuah kertas bidang persegi atau persegi panjang, antara sisi kanan di pertemukan sisi kiri, antar sudut dipertemukan, maka terjadi sebuah keserasian bidang (Simteris).

Begitupun dalam kehidupan keseharian kita. Kita mendapati ada hal-hal yang berlawanan, susah-senang, ada yang pandai pelajaran tertentu, namun kurang pada pelajaran yang lain. semua terjadi secara berlawanan, namun jika semua dipertemukan dan disatukan sehingga menjadi satu kesamaan persepsi yang “simetris”, semua saling mengisi kekurangan dari kelebihan yang dimiliki oleh orang lain, jika itu bisa dilakukan maka akan terlihat sangat indah (harmony).

memiliki kelebihan yang sudah dianugrahkan oleh Allah SWT merupakan amanah yang harus di praktekan untuk saling melengekapi dengan mengisi kekurangan yang dimiliki orang lain agar peranya membawa makna dalam kehidupan. inilah yang dimaksud dengan Simetis kehidupan. (fadhlur)

*(Resume Motivasi Akhlaq Pagi SMA Surya Buana Malang)

Komentar