Langsung ke konten utama

SMASURBA Dalam Balutan Muharram

“ Merajut Ukhuwah, Menggapai Berkah”

        SMA Surya Buana Malang memperingati 1 Muharram 1444 H pada hari jumat, 29 Juli 2022. Peringata tahun baru Hijriyah diikuti oleh seluruh siswa dan juga bapak/ibu guru SMA Surya Buana. Seperti biasa kegiatan dimulai dengan ibadah pagi (mengaji, asmaul husna, dan sholat dhuha). Selesai ibadah pagi siswa-siswi tetap berkumpul di mushollah. Masing-masing siswa diizinkan membuka handphone untuk berliterasi selama 50 menit. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan siswa agar lebih peka terhadap perkembangan jaman.

        Setelah kegiatan literasi siswa-siswi mendengarkan Kaidah (kajian islam nan indah) yang dibawakan oleh ustadz Muhammad Barqus Salam, M.Pd.I. Kajian ini mengambil sebuah tema yaitu “ Muharram Bulan Keramat: Dari Mitos menuju Logos”. Tema yang diangkat pada kajian ini membahas tentang bagaimana terbentuknya kalender Hijriyah dan apa saja mitos dalam bulan ini ataupun yang harus dilakukan di bulan Muharram. Banyak sekali kegiatan yang berkembang dimasyarakat seperti bari’an, larangan menikah di tanggal 1 muharram, larangan bepergian jauh dan banyak lainnya untuk dihormati dan tidak terlalu mempercayai hal-hal yang tidak logis.

     Ust Barqus juga menjelaskan tersusunnya kalender hijriyah dimulai pada masa kekhalifahan Umar Bin Khatab, 17 tahun setelah hijrahnya Rasulullah SAW. Dimana pada saat itu terdapat dokumen atau surat untuk umat islam yang tidak diketahui tanggal pastinya. Umar pun mengumpulkan para sahabatnya untuk berdiskusi bagaimana menyelesaikan persoalan tersebut. Setelah melewati proses diskusi terbentuklah penanggalan kalender islam. Selain membahas terbentuknya kalender hijriyah, ustadz Barqus juga membahas banyak sekali tentang mitos dan fakta di bulan Muharram.

          Setelah mendengarkan paparan materi kajian, siswa-siswi dan juga bapak/ibu guru melanjutkan kegiatan dengan Khotmil Qur’an, yang dilaksanakan bersama-sama di mushalla. Setelah mengkhatamkan 30 juz, lanjut ke kegiatan yang ditunggu-tunggu yaitu Food Festival. Seluruh siswa-siswi dan juga bapak ibu/guru masing-masing membawa makanan yang akan ditukar dan dibagi lalu dimakan Bersama-sama. Sampai di waktu dhuhur seluruh siswa melaksankan sholat jumat berjama’ah di sekolah.

     Setelah sholat jumat berjama’ah dan istirahat, dilanjutkan dengan kegiatan Festival Nasyid. Pada kegiatan ini para siswa unjuk kreatifitas dengan menunjukkan penampilan musik bernuansa islami. Festival Nasyid diikuti oleh kelas X,XI, dan XII. Masing-masing kelas mengirimkan minimal satu kelompok yang berisi maksimal 8 anggota. Festival nasyid ini dimenangkan oleh kelas XII putri sebagai juara 1, kelas XI sebagai juara 2, kelas X sebagai juara 3, dan kelas XII putra sebagai kelompok terfavorit. Peringatan 1 Muharram 1444 H telah usai, dan dilaksanakan dengan sangat meriah sesuai dengan tema yang diangkat sehingga terjalin ukhuwah yang insyaAllah dapat meraih berkah. (Tsabita)

Komentar