Kesiswaan

A.   Pencatatan Kehadiran Siswa
Presensi dilaksanakan setiap pergantian jam pelajaran. Dalam sehari terdiri atas 9 jam pelajaran. Presensi dicatat oleh sekretaris dengan sepengetahuan wali kelas masing-masing. Setiap akhir bulan presensi direkap dan dilaporkan dalam raport bulanan.

B.   Organisasi Kesiswaan

Gambar 1a. Kegiatan pramuka siswa

Gambar 1b. Pelantikan OSIS SMA Surya Buana

Organisasi kegiatan meliputi:
  1. Palang Merah Remaja (PMR), Organisasi ini mewadahi dan pusat pengembangan bakat siswa dalam bidang kesehatan. Organisasi ini dipimpin oleh para siswa-siswi yang memiliki minat khusus dalam bidang kesehatan dengan dibimbing langsung oleh para guru yang Profesional dibidangnya. Bahkan para siswa dibimbing oleh para Dokter Yayasan yang sudah berpengalaman menangani masalah kesehatan
  2.  Pramuka, Salah satu tanda bagus dan tidaknya sebuah lembaga adalah adanya Organisasi khusus yang mengkader kepemimpinan dan kemandirian. walaupun pramuka ini merupakan kegiatan Ekstra Wajib bagi semua sekolah, namun di SMA Surya Buana Malang tidak hanya sebuah kegiatan ekstra tapi Pramuka di wadahi khusus dalam sebuah Organisasi Kepramukaan dengan susunan organisasi yang terpisah dengan OSIS dan PMR.
  3.  Organisasi Intra Sekolah (OSIS). OSIS merupakan wadah organisasi siswa untuk mencapai tujuan pembinaan dan pengembangan kesiswaan. Setiap siswa secara otomatis menjadi anggota OSIS. Keanggotaan itu secara otomatis berakhir dengan keluarnya/lulusnya siswa yang bersangkutan. Perangkat OSIS terdiri dari: pembina OSIS, ketua, perwakilan kelas, dan pengurus OSIS. Sedangkan pergantian kepengurusan OSIS dilaksanakan setiap Tahun Pelajaran baru melalui pemilihan langsung.
  4. Kegiatan Ekstrakurikuler terdiri atas: selain organisasi tersebut, ada kegiatan lain khusus dalam pengembangan bakat siswa SMA Surya Buana yang diadakan setiap hari Sabtu pada pukul 13.30 – 15.00 dan wajib diikuti oleh siswa. Sedangkan Pembinaan Kegiatan Bakat Minat ini terdiri atas: KIR, Teater, Futsal, Musik, Olimpiade Matematika, Olimpiade Sains, Public Speaking, Renang, Basket ball. Bakat Minat dilaksanakan setiap Hari Sabtu pukul 11.05 – 12.35. Khusus untuk KIR sekarang sudah masuk Mata Pelajaran.






0 komentar:

Post a Comment